Kalau kita berbicara tentang usaha, tidak akan ada habisnya. Setiap hari selalu saja ada ide usaha baru bermuncul dari mereka yang mempunyai jiwa entrepeneur. Sebab manusia dianugrahi oleh tuhan dengan akal dan fikiran, tentunya akan membuat kita sebagai manusia semakin berkembang.

Nah, diartikel ini kami akan membahas tentang kisah sukses seorang petani mejadi pengusaha sukses dengan menjalankan usaha makanan dari bahan jagung dengan diberi naman F1 Aina.

Ketika anda pergi berwisata ke provinsi kesumatra barat, anda harus menyempatkan diri untuk mampir di Pondok jagung super manis F1 Aina, yang berada sekitar 5 km dari pusat kota Payakumbuh, dipinggir Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh, tepatnya di Koto Baru, Batu Hampar, Piladang, Sumbar.

Lokasi yang strategis ini membuat pondok F1 Aina ini selalu ramai didatangi pengunjung Setiap Harinya. Di akui jagung super manis F1 Aina, bukanlah jagung biasa, jika direbus rasanya tetap manis walaupun direbus tanpa gula.

Selain itu, biji jagung F1 Aina ini juga tidak terlalu keras, sehingga membuat banyak orang menyukai. Tidak hanya menjual jagung rebus biasa, Imam pemilik F1 Aina juga menginovasi untuk menggembangkan jagung manis menjadi beberapa produk. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan ribuan tongkol jagung untuk diolah maupun dijual mentah.

Dengan rasa dan kualitas yang selalu dijaga, pelanggan pun menjadi bertambah dari hari ke hari. Baik itu dari luar kota maupun dari daerah sumbar sendiri,”tuturnya.

Ketika ditanya tentang keberhasilan usahanya, Imam Ike Santosa (41) bersama isterinya Marlina (40) tidak menyangka, usaha ini ternyata berkembang pesat, jauh diluar dugaannnya.

Awal Mula Memulai Usaha Jagung Super Manis F1 Aina

Rasannya masih seperti mimpi, dulu saya ini bukan siapa-siapa. Saya hanya seorang yang bekerja serabutan, pernah bekerja dirumah makan juga supir taksi. Tamat STM tahun 1992, saya merantau ke Medan, Pekanbaru, kerja dirumah makan kemudian pindah tahun 1998 ke Batam dan bekerja sebagai supir taksi, kehidupan sangat susah masa itu, apalagi saya sudah menikah ditahun 2000 dan dikaruniai beberapa orang anak, “tuturnya.

Kerasnya kehidupan di Batam, akhirnya membuat Imam memutuskan untuk pulang kampung ke Payakumbuh ditahun 2003 hingga 2005 dan bekerja sebagai garin masjid Jamik Baiturrahmah di Koto Baru, Batu hampar. Tetapihal ini tidak berlangsung terlalu lama, ia pun kemudian balik kembali ke Batam dan mencoba mencari peruntungan lagi sebagai supir taksi.

Pada suatu waktu, ia melihat banyak pedagang jagung manis rebus dan jagung bakar dipinggir jembatan Barelang. Saat itulah muncul keinginan bahwa suatu saat ia juga ingin membuka usaha serupa dikampung halaman.

Ditahun 2006 ia kembali membawa keluarganya pulang kampung. Ia mulai bertani cabai dan terung. Sebagai tanaman penyisip, ia menanam bibit jagung yang dibelinya dari Batam melalui adiknya yang ada disana sebanyak 4kg dengan harga Rp 24000/kg.

Ingin membuka usaha, tetapi tidak ada modal, untuk mendapatkan modal awal saja sangat sulit. Kami sudah pergi kesana kemari untuk mencari modal, tetapi tidak ada yang yakin dengan usaha yang kami tawarkan. Akhirnya kami mendapatkan pinjaman dari Bank Pengkreditan Rakyat  (BPR).

Kerja keras Imam dan keluarga membuahkan hasil. Awalnya beliau panen jagung lebih dari 4000 tongkol jagung. Beliau mulai pusing memikirkan pemasaran, akhirnya beliau mencoba menjajakan jagung rebus keliling kampung, sedangkan isterinya mencoba membuka kedai kecil-kecilan dipinggir jalan, dekat pondok jagung seper masnis F1 Aina sekarang.

Ternyata banyak yang menyukai, beliau memutuskan untuk mengontrak lokasi dan membuka usaha disana, awalnya hanya menjual jagung rebus dan mentah. Pilhan Iman beserta istri ini sangat tepat, dengan produksi sekitar 60 ton jagung perbulan, dan omsetnya yang mencapai jutaan rupiah perbulan.

Imam mulai merambah secara luas hingga usaha ini berkembang pesat dari hanya satu pondok, kini Imam sudah memiliki beberapa cabang lainnya yang tersebar didepan BRI Payakumbuh, Pasar Guguk, Balai Nan Duo, Bulakan Balai Kandih, Koto Hilalang Baso, Aur Kuning dan Lapangan Kantin di Bukittinggi. Namun tiga diantarannya didepan BRI, Balai Nan Duo serta Bulakan kemudian tutup karena lokasi yang kurang strategis.

Di tahun 2012, cabang peluang usaha baru juga bertambah lagi di Tanjung Pati, Dharmasraya, Batam, Duri, dan Pekanbaru. Tepatnya pada tanggal 1 Januari 2014 pondok awal F1 Aina pindah lokasi kurang lebih 100 meter dari lokasi semula dengan fasilitas pemasaran yang berbeda dengan sebelumnya seperti, musholla, toilet, meja makan konsumen, ruang dapur yang lebih besar dan tempat parkir kendaraan yang lebih luas serta fasilitas lainnya.

Keberhasilannya membangun dan mengembangkan usaha, membuat banyak orang tertarik untuk belajar kepadannya. Ia sering diminta menjadi narasumber di kampus kampus tentang entrepeneurship.

Banyak mahasiwa yang mulai tertarik untuk mengkaji perkembangan usaha ini, Salah satunya Mahasiswa Agribisnis Universitas Andalas bersama TIM Karya Tulis Ilmiah nya yang mencoba menulis mengenaiUMKM Berbasis Pertanian dan menjadikan Usaha Jagung F1 Aina sebagai studi kasus dalam karya tulisnya dan alhasil memperoleh Juara II Tingkat Regional Sumatera di Universitas Muslim Nuasantara – Al Washliyah Medan, Sumatera Utara pada 12 Desember 2013.

Tahun berikutnya tetap dengan studi kasus yang sama, Pada 27 September 2014 kembali memperoleh Juara III Tingkat Nasional dengan topic Era MEA 2015 Bukanlah Tantangan Melainkan Peluang Besar Bagi UMKM-UMKM di Sumatera Barat.

Bukan hanya dari tingkat mahasiswa, tetapi beliau juga sering didatangi berbagai kelompok tani dari berbagai daerah di Sumatera Barat untuk menimba ilmu padannya.

Nah, itulah kisah sukses Imam Ike Santosa bersama istri dalam membangun usaha F1 Aina. Mudah-mudahan kisah dari Imam Ike Santosa beserta keluarga dalam membagun usahanya dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan kehidupan, begitu juga bagi kita yang ingin terjun kedunia usaha dan ini juga bisa di jadikan sebagai peluang usaha. Yang harus diperhatikan untuk mejadi pengusaha yang sukses itu membutukan kerja keras dan yakin. * Salam Sukses Selalu*
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

  1. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus
  3. Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman, mereka banyak penipu dan peminjam pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membantu saya dengan Bunda Alicia Radu setelah saya tertipu oleh 6 pinjaman pemberi pinjaman. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebesar RM 10.000 dari ibu Alicia Radu dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2%.

    Saya sangat terkejut ketika memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    dan Anda masih dapat menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (robbi5868@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (azmi88455@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu,
    semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu And is Family

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 877-8303-2269
    WhatsApp:+62 877-8303-2269
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak
    (e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon: +62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com

    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus

 
Top